SEJARAH BERDIRINYA HIPMI BPC KOTA BUKITTINGGI

HIPMI BPC Kota Bukittinggi di pimpin oleh seorang Ketua Umum di dampingi oleh seorang Sekretaris Umum beserta lima Wakil Sekretaris Umum dan seorang Bendahara Umum berserta empat Wakil, Bendahara Umum beserta sembilan Ketua Bidang beserta para Kompartemen dan Departemennya.

Kepengurusan HIPMI BPC Kota Bukittinggi mempunyai periode waktu selama tiga tahun dalam masa kepengurusannya. Seorang Ketua Umum HIPMI BPC Kota Bukittinggi di pilih secara demokratis oleh seluruh anggota dan pengurus HIPMI BPC Kota Bukittinggi.

HIPMI  juga adalah Organisasi Kader sehingga seorang Ketua Umum HIPMI BPC Kota Bukittinggi hanya bisa menjabat sebagai Ketua Umum satu kali periode saja.

            HIPMI BPC Kota Bukittinggi dibentuk sebagai wadah dunia usaha yang dapat menampung dan menghimpun aspirasi pengusaha muda Indonesia dimana mereka turut bertanggung jawab terhadap pertumbuhan ekonomi dan ketahanan nasional serta turut mencari dan membentuk identitas pengusaha nasional baik sekarang maupun yang akan datang dalam proses akselerasi dan modernisasi. HIPMI BPC Kota Bukittinggi berdiri dengan mandat yang diberikan oleh BPD Provinsi Sumatera Barat, dengan tujuan agar tercapainya keinginan yang sangat besar dari pengusaha-pengusaha pemula di Kota Bukittinggi untuk melebarkan sayapnya serta dapat memperoleh fasilitas relasi yang luas dalam dunia usaha. Sehingga dengan tujuan yang sama, maka dikembangkanlah    HIPMI BPC Kota Bukittinggi dengan segala keterbataan dan dengan segala rintangan yang ada dalam menjalankan roda organisasi pengusaha muda terbesar di Indonesia.

VISI HIPMI BPC KOTA BUKITTINGGI

MENCIPTAKAN PENGUSAHA MUDA DAN PEMULA YANG BERKARAKTER, PROFESIONAL DAN MEMPUNYAI INOVASI DIDUNIA USAHA TERUTAMA DALAM TEKNOLOGI DIGITAL

MISI HIPMI BPC KOTA BUKITTINGGI

• MEMFASILITASI TERBENTUKNYA JARINGAN ANTARA PENGUSAHA DAERAH BUKITTINGGI DENGAN DAERAH LAIN
• MELAKSANAKAN PROGRAM DISKUSI ANTARA PENGUSAHA MUDA DENGAN PELAKU WIRAUSAHA
• MELAKSANAKAN KEGIATAN SEMINAR DAN WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN
• MENGEMBANGKAN USAHA-USAHA DENGAN PENGELOLAAN SISTEM DIGITAL PRENEUR
• MENJADIKAN PELATIHAN LEADERSHIP SEBAGAI KEGIATAN RUTIN

SAMBUTAN KETUA HIPMI BPC KOTA BUKITTINGGI

FERDIAN

Sebagai Ketua Umum HIPMI BPC Kota Bukittinggi, terlebih dahulu saya ingin mengajak semua Pengusaha Muda ini untuk senantiasa memanjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat Nya sehingga Profil HIPMI BPC Kota Bukittinggi Tahun 2020 akhirnya selesai setelah perjalanan panjang yang ditempuh dalam penyusunannya. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Agung Muhammad SAW., keluarganya, dan pengikutnya sampai akhir zaman.

Selanjutnya, saya ingin mengemukakan beberapa butir penting yang saya tangkap setelah saya membaca Profil  ini. Pertama, Profil ini telah disusun dengan mengikuti alur yang layak. Butir pertama sebagai pijakan adalah Visi HIPMI BPC Kota Bukittinggi. Kemudian disajikan kondisi umum Organisasi HIPMI BPC Kota Bukittinggi. Hal ini akan dapat menjamin bahwa semua program tahunan akan secara terpadu dapat disusun dan dilaksanakan untuk meniti jalan menuju tercapainya Visi 2020.

Profil ini telah disusun dengan tujuan untuk memaparkan secara terperinci tentang BPC HIPMI Kota Bukittinggi serta menampilkan kegiatan yang sudah berlangsung pada tahun 2019 dan menyajikan rencana program kerja di Tahun 2020 guna sebagai acuan yang berdasarkan Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia, keanekaragaman kebutuhan masyarakat, kemajuan teknologi, dan tuntutan globalisasi. Dengan demikian, penyusunan Profil ini diletakkan dalam konteks HIPMI BPC Kota Bukittinggi, konteks lokal/cabang (Kota Bukittinggi  dengan tuntutan perkembangan masyarakat.

Deskripsi tentang  HIPMI BPC Kota Bukittinggi dan program-program yang disusun akan sesuai dengan kebutuhan. Pemenuhan kebutuhan tersebut diharapkan dapat memfasilitasi upaya pencapaian Visi HIPMI BPC Kota Bukittinggi 2020.

Meskipun demikian, Profil ini bukanlah harga mati karena konteks yang diacu juga berkembang. Artinya, meski butir-butir prinsip tetap dipertahankan, pelaksanaan program hendaknya disesuaikan dengan tuntutan perkembangan zaman yang ada, terutama untuk hal-hal yang bersifat operasional. Singkat kata, Profil  ini hendaknya digunakan dengan tetap memerhatikan perkembangan yang terjadi di lingkungan.

Akhirnya, mewakili Pengurus HIPMI BPC Kota Bukittinggi, saya menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Tim Penyusun. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita semua dalam menerjemahkan Profil ini ke dalam kegiatan dan program kerja masing-masing bidang.

GAMBARAN UMUM
(Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) HIPMI

HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) adalah organisasi independen non partisan para pengusaha muda Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian. Organisai ini didirikan pada tanggal 10 Juni 1972 oleh para pengusaha pemula yang terdiri dari Drs. Abdul Latief, Ir. Siswono Yudo HusodoTeuku SjahrulDatuk Hakim ThantawiBadar TandoIrawan Djajaatmadja, SH, Hari Sjamsudin MangaanPontjo Sutowo, dan Ir. Mahdi Diah. Organisasi ini didirikan dengan dilandasi oleh semangat untuk menumbuhkan wirausaha di kalangan pemuda.

Pada tanggal 20 Oktober 2011Raja Sapta Oktohari atau yang biasa dipanggil Okto dipilih sebagai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (periode 2011-2014) menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Erwin Aksa

  1. Struktur Organisasi

Stuktur Organisasi HIPMI berada di tingkat pusat maupun daerah. HIPMI menetapkan adanya Badan Pengurus Pusat yang berkedudukan di Ibu kota Negara, Badan Pengurus Daerah berkedudukan di Ibu kota Provinsi, dan Badan Pengurus Cabang berkedudukan di Ibu kota Kabupaten/Kota. Hingga saat ini HIPMI telah ada di 33 provinsi di Indonesia dan memiliki 274 Badan Pengurus Cabang. Seiring dengan otonomi daerah dan pemekaran, HIPMI terus berkembang agar dapat terwakili di seluruh Indonesia.

  1. Keanggotaan

Ketentuan organisasi menetapkan dua jenis keanggotaan. Status sebagai Anggota Biasa bagi mereka yang berusia 17 – 40 tahun. Sedangkan bagi mereka yang telah melewati usia di atas 41 tahun statusnya menjadi Anggota Luar Biasa, akrabnya sering disebut sebagai para Senior. Keanggotaannya bersifat terbuka bagi siapa saja yang memiliki usaha.

  1. MOTTO

HIPMI memiliki motto Pengusaha Pejuang-Pejuang Pengusaha yang bermakna bahwa kader-kader HIPMI tidak saja diharapkan menjadi pengusaha nasional yang tangguh tetapi juga menjadi pengusaha yang berwawasan kebangsaan dan memiliki kepedulian terhadap tuntutan nurani rakyat.

  1. Jenis Usaha Anggota

Perkebunan, Pertanian, Kehutanan dan Perikanan * Pertambangan * Industri Kimia, Industri Elektronika, Industri Suku Cadang otomotif, Industri Furniture * Pariwisata * Jasa Konstruksi Sipil, dan Mekanikel. * Jasa Konsultansi * Jasa Pengadaan * Jasa Keuangan * Distributor * Jasa – jasa lainnya.